Minggu, 18 Desember 2011

5 Tips Melahap Sayuran Bagi yang Tidak Doyan

0 komentar
Anda ingin menjadi raw foodist, tetapi termasuk orang yang kurang atau sama sekali tak menyukai sayur? Jangan mundur teratur dulu. Antipati Anda terhadap sayur, apalagi yang mentah, dapat diantisipasi dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Ubah pola pikir
Jika Anda mengasosiasikan sayur dengan rasa tidak enak di lidah, apa pun cara yang dilakukan, Anda tetap tidak akan bisa menikmatinya. Ubahlah pandangan tersebut, dan rasakan bedanya.

2. Coba latih kepekaan lidah
Selama bertahun-tahun penyedap rasa, pemanis buatan, dan zat makanan artifisial lainnya tanpa disadari telah menumpulkan indera pengecap. Itulah sebabnya kita harus mengurangi makanan yang mengandung bahan tersebut dari diet sehari-hari. Dengan demikian rasa sayur dan buah mentah akan lebih dapat diterima lidah Anda.

3. Mulai pelan-pelan
Tidak perlu mengubah pola makan secara drastis. Masukkan sayur, buah, dan kacang mentah dalam menu harian. Misalnya, dengan menaburkannya di makanan. Coba nikmati salad dengan mayonaise dressing dulu. Jika terbiasa, ganti ke raw dressing atau tanpa dressing sama sekali.

4. Hiasi piring dengan menu "pelangi"
Seperti pelangi, sayuran pun berwarna-warni. Tiap warna mewakili vitamin, mineral, dan rasa yang berbeda-beda. Masukkan sayur dan buah yang belum pernah dicoba ke dalam "pelangi" Anda. Isi piring yang terlihat cantik pasti menambah selera Anda.

5. Kreasikan sayur-sayuran menjadi jus, sup, atau saus
Be creative! Jika pada awalnya Anda masih sulit mengunyah sayur-sayuran mentah dalam bentuk asli, ubah saja menjadi jus, sup, atau saus. Inspirasinya bisa Anda dapatkan dari buku resep raw food atau berbagai situs raw food di internet.


Sumber:kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar