Rabu, 14 Desember 2011

Diet Karbohidrat Cegah Kanker Payudara

0 komentar
Kanker payudara sudah menjadi momok bagi setiap wanita. Berbagai cara dengan minum obat-obatan dan menghindari beberapa jenis makanan pun dilakukan. Di Inggris telah dilakukan penelitian cara alami untuk mencegah kanker payudara.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dua hari dalam seminggu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Selain dapat menurunkan berat badan, dalam sebuah penelitiain yang baru dilakukan. Diet rendah karbohidrat memiliki implikasi untuk menurunkan resiko kanker payudara dengan membantu mengontrol kadar insulin.

Hasil penelitian yang dilakukan San Antonio Breast Cancer Simposium peneliti Inggris, sebanyak 115 responden wanita, dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama melakukan diet kalori terbatas yang disebut diet Mediterania dilakuakn setiap hari. Kelompok kedua melakukan diet dengan membatasi karbohidrat, dan hanya konsumsi karbohidrat 2 hari dalam seminggu.

Sedangkan kelompok ketiga mengikuti diet rendah karbohidrat, dan hanya mengkonsumsi karbohidrat 2 hari seminggu juga, tapi mereka diizinkan untuk makan makanan yang mengandung protein dan lemak sehat. Hasilnya menunjukkan, pada kelompok dua dan tiga dapat menurunkan berat badan lebih besar sekitar 9 kg. Sedangkan pada kelompok tiga berat badan hanya turun 2,5 kg.

Pada kelompok yang melakukan diet rendah karbohidrat (kelompok dua) diketahui resistensi insulin menurun secara signifikan yang menurunkan kemampuan sel untuk mengangkut glukosa dari aliran darah. Kelompok pertama diketahui resistansi insulin menurun sebesar 22%, dan kelompok ketiga resistensi insulinnya menurun 14%.

“Hasil penelitian ini sangat menarik perhatian bagi siapapun yang khawatir akan berat badan dan resiko terkena kanker payudara” ujar, Dr Michelle Harvie, Phd, seorang ahli diet Rumah Sakit University di South Manchester Inggris. Tetapi dia juga memberitahukan penelitian ini masih “sangat awal”.

Menurut American Cancer Society, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita. Pada penelitian ditahun 2002 menunjukkan bahwa sampai dengan 18.000 kematian pertahun bisa dicegah jika perempuan diatas 50 tahun dapat mempertahankan berat badannya.

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, mie, roti, kentang, singkong dan talas, bisa dibatasi konsumsinya. Meskipun penelitian ini masih sangat awal tetapi apa salahnya jika mencoba diet rendah karbohidrat selain dapat menurunkan resiko kanker payudara, juga dapat menurunkan berat badan untuk mecapai BMI (Body Mass Index) yang ideal. (Sumber: Detik.com)

0 komentar:

Poskan Komentar