Senin, 19 Desember 2011

Makanan Penyebab & Penghilang Bau Badan

0 komentar
Bau badan bisa membuat orang merasa tak percaya diri dengan pergaulannya. Oleh karena itu, sejuta cara dilakukan untuk membasmi bau badan. Berikut tujuh makanan yang bisa menyebabkan bau badan dan yang berkhasiat menghilangkan bau badan tak sedap, seperti yang dikutip dari howstuffworks.

Makanan Penyebab & Penghilang Bau Badan
1. Bawang
Bawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah, karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.

2. Kunyit
Kunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh kita melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tapi juga bau mulut tak sedap.

3. Daging Merah
Selain bumbu masakan, daging merah ternyata juga berkontribusi menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma badan lebih enak, menarik dan lebih sedikit menimbulkan bau tak sedap dibandingkan mereka yang banyak mengonsumsi daging.

4. Makanan Pedas
Sebenarnya, makanan pedas tidak mempunyai aroma spesifik yang menimbulkan bau tak sedap. Tapi, makanan pedas meningkatkan suhu tubuh sehingga produksi keringat bertambah banyak. Semakin banyak keringat di kulit, maka bakteri akan semakin betah berlama-lama di sana. Saat bakteri bercampur dengan keringat, bau badan pun akan semakin menyengat.

5. Daging Putih
Makan daging putih seperti daging ayam dan ikan, bukan daging merah (daging sapi atau kambing), dapat mengurangi bau badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses tahun 2006 menyimpulkan bahwa mengonsumsi daging merah dapat memiliki efek negatif pada bau badan.

6. Sayuran
Oregon State University menyatakan bahwa bau badan dikaitkan dengan makan makanan yang mengandung tingkat kolin tinggi. Sayuran umumnya rendah kolin dan makan makanan yang kaya sayuran dimasak maupun segar (mentah) dapat membantu mengurangi bau badan. Sayuran yang mengandung jumlah kolin paling rendah antara lain kangkung, wortel, mentimun, labu, tomat, lobak, selada dan kol.

7. Buah
Buah adalah contoh lain makanan yang rendah kolin dan dapat membantu menghilangkan bau badan. Apel, stroberi, pir, jus jeruk, jus anggur, nanas, pisang, blueberry dan semangka mengandung beberapa tingkat terendah dari kol.

0 komentar:

Poskan Komentar